Cara Menyembuhkan Penyakit Kolesterol, Gejala Serta Penyebabnya

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan lemak jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) yang menghambat saluran peredaran darah arteri ke jantung menjadi terhambat. Hal ini kemudian dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Masyarakat dizaman saat ini seringkali mengeluh karena penyakit kolesterol tinggi ini.

Bagaimana tidak pola hidup yang serba praktis di zaman teknologi saat ini membuat sebagian masyarakat malas untuk bergerak apalagi untuk olahraga.

Waktu yang digunakan habis untuk bekerja seharian di kantor, olahraga pun jadi terabaikan di zaman serba instan ini.

Lalu bagaimanakah penanganan, gejala, dan penyebab kolesterol tinggi ini?

Berikut kami infokan beberapa cara penanganan penyakit kolesterol, gejala dan penyebabnya.

Kolesterol biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk sehingga menyebabkan penumpukan plak pada peredaran darah.

Perbedaan Kolesterol LDL dan HDL

Kolesterol mengalir dalam aliran darah berbentuk lipo protein. Lipoprotein inilah yang memiliki komposisi lemak dibagian dalamnya dan protein di bagian luarnya. 

Didalam tubuh kitalah lipoprotein ini dibawa ke seluruh tubuh untuk mengantarkan nustrisi ke seluruh tubuh. 

Namun apa jadinya jika peredaran darah kita terhambat karena terlalu banyaknya kolesterol ini didalam tubuh kita, tentu akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit jantung koroner, stroke dan lain sebagainya.

Terdapat dua jenis lipoprotein didalam tubuh yang membawa lipoprotein ini yaitu HDL dan LDL.

LDL atau Low Density Lipoprotein yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat yang kadarnya apabila melebihi batas akan menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh dan dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya.

HDL atau High Density Lipoprotein yang biasa dikenal sebagai kolesterol baik membawa kolesterol yang diedarkan ke seluruh tubuh kembali ke hati kemudia oleh hati zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari peredaran darah, jumlah HDL yang lebih tinggi dari LDL merupakan hal yang bagus untuk kesehatan tubuh dan bisa mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Seseorang 

- Makanan
Makanan adalah hal utama yang menjadi penyabab seseorang mengalami kolesterol tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi seperti otak sapi, udang, cumi, kerang, dan lain sebagainya kamu bisa melihat kadar kolesterol dalam makanan dengan melihat tabel dibawah ini.



- Berat Badan Berlebih atau Obesitas
Orang yang memiliki berat badan berlebih memang cenderung memiliki kadar LDL yang tinggi dalam tubuh sehingga menyebabkan kadark kolesterol dalam darahnya tinggi, ditambah lagi gaya hidup tidak sehat karena kurangnya olahraga, sehingga terjadi penumpukan lemak dalam tubuh

- Usia Lanjut
Usia lanjut merupakan usia dimana kadar LDL dalam tubuh meningkat hal ini merupakan dampak dari penurunan metabolisme tubuh yang semakin menurun seiring usia bertambah, olahraga sejak usia muda merupakan hal yang bisa mencegah penurunan metabolisme tubuh sehingga kolesterol dalam tubuh bisa dikendalikan.

- Kurangnya Olahraga
Sudah menjadi hal yang utama bahwa Olahraga bisa menangkal segala macam penyakit termasuk kolesterol tinggi, semakin banyak berkeringat karena olahraga bisa mengikis juga kolesterol jahat dalam tubuh.

- Keturunan 
Jika keluarga anda ada yang menderita kolesterol tinggi maka semakin besar juga resiko anda terkena kolesterol tinggi.

Orang kurus yang memiliki keturunan kolesterol tinggi juga beresiko memiliki penyakit kolesterol tinggi, jadi tidak hanya orang gemuk saja yang memiliki resiko penyakit ini orang kurus pun bisa.

Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh

Penting bagi anda untuk memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh secara berkala untuk anda yang memiliki usia diatas 20 tahun, selain untuk pencegahan juga untuk mengetahui lebih dini penyakit ini sehingga nantinya bisa dicegah.

Anda bisa melihat berapa kadar kolesterol normal dalam tubuh melalui tabel dibawah ini.


Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi

Gejala yang biasa dialami oleh orang yang memiliki kolesterol yang tinggi biasanya pada bagian belakang leher yang terasa sakit dan tegang, selain itu tubuh menjadi mudah lelah karena peredaran darah yang tersumbat.

Segera periksakan diri ke dokter atau tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah anda.

Mengobati Penyakit Kolesterol Tinggi Dengan Obat Alami dan Kimiawi

Mengobati penyakit kolesterol jangan hanya mengandalkan obat statin saja, untuk menurunkan kadar kolesterol juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita seperti yang disebutkan diatas.

Kebanyakan orang merasa aman apabila mengkonsumsi obat statin setelah memakan makanan berkolesterol tinggi padahal harus dibarengi dengan diet rendah lemak.

Makan bawang putih dan air lemon hangat bisa membantu menurunkan kolesterol tentu dibarengi dengan olahraga dan diet rendah lemak.

Selain itu juga ada obat alami yang bisa digunakan untuk menambah LDL dalam darah yaitu: minyak zaitun, ikan salmon, kacang- kacangan seperti almond, kenari, dan juga buah alpukat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembuhkan Penyakit Kolesterol, Gejala Serta Penyebabnya"

Posting Komentar