5 Cara Tips Menyehatkan Pencernaan Tubuh

Kesehatan merupakan investasi yang sangat penting terutama di era teknologi saat ini yang semua hal apa pun dikerjakan dengan instan. Hal tersebut pun dipengaruhi juga oleh pola hidup kita yang tidak sehat. Pencernaan merupakan bagian penting dari tubuh untuk kita jaga. 

Mengabaikan hal tersebut akan menjadi masalah yang fatal. Jika pencernaan tidak sehat tubuh pun rentan terkena penyakit seperti(kembung, gas, diare), alergi, kecemasan, depresi, emosi yang labil, gampang tersinggung, masalah kulit (eksem, jerawat), diabetes, penyakit autoimun, infeksi berulang, daya ingat dan konsentrasi lemah, juga gangguan ADHD.

Kesehatan pencernaan secara langsung dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang Kita makan. Dengan mengikuti cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan berikut, maka sistem pencernaan akan berfungsi lebih efisien, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut 10 Cara Tips Menyehatkan Pencernaan Tubuh.
1. Cukup Minum Air Putih
Air merupakan bahan atau komponen utama tubuh kita mengkonsumsi air putih membantu melancarkan pergerakan di dalam saluran gastrointestinal dan mengalirkan racun-racun keluar melalui urin serta feses.Air dan cairan lain juga membantu menghancurkan makanan, sehingga tubuh bisa menyerap nutrisi darinya.

Selain itu juga melembutkan tinja dan menjaga keseimbangan pH tubuh. Karena tubuh terus kehilangan cairan melalui keringat dan buang urin, maka Anda perlu selalu menggantinya dengan air yang bersih sepanjang hari. Jika Anda tidak terbiasa minum air bening, karena rasanya terlalu hambar, Anda bisa menambahkan sedikit air lemon ke dalamnya.

 2. Batasi Makanan yang Mengandung Lemak 
Makanan berlemak secara umum cenderung memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda Anda lebih rentan sembelit. Tapi juga penting untuk mendapatkan beberapa lemak dari diet. Menambahkan makanan tinggi serat pada makanan berlemak dapat mempermudahnya pada sistem pencernaan.

 3. Konsumsi serat 
Ada dua jenis serat makanan, yaitu serat larut dan tak larut. Masing-masing bermanfaat membantu sistem pencernaan, namun dengan cara yang berbeda. Serat jenis larut bersifat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga membantu mengumpulkan semua kotoran. Serat larut bermanfaat mencegah kotoran yang terlalu encer. Sumber serat larutyang baik termasuk dedak gandum, oat, sayuran, dan biji-bijian.

 4. Kurangi Stress 
Stres berkepanjangan bisa berpengaruh buruk pada kesehatan pencernaan Anda, dan buruknya pencernaan akhirnya juga akan memengaruhi seluruh sistem tubuh Anda. Suatu penelitian tahun 2011 yang dimual Journal of Physiology and Pharmacology menekankan adanya kaitan antara stres dengan kesehatan sistem pencernaan. Jadi jika ingin memperoleh pencernaan sehat, coba kendalikan tingkat stres Anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas pelepas stres seperti olahraga, mendengarkan musik, melakukan hobi, berjalan kaki, dan cukup tidur.

 5. Berolahraga secara teratur 
 Olahraga teratur akan membantu makanan lebih mudah bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga mengurangi resiko sembelit. Olahraga teratur juga membantu mempertahankan berat badan yang ideal atau sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Buatlah jadwal olahraga yang secara teratur Anda lakukan dalam seminggu

Subscribe to receive free email updates: