Tips Agar Selalu Bugar Setiap Hari

Tips Agar Selalu Bugar Setiap Hari. Belakangan ini badan rasanya lemes, pikiran kacau, dan gak nafsu makan. Lantas cuaca ekstrim yang tak menentu kadang hujan kadang juga panas dibilang musim kemarau, tapi kaya musim hujan dan juga sebaliknya. Saya sendiri sekarang sedang menderita penyakit pilek entah kapan akan selesai penyakit flu ini. Hmm.... penasaran akan hal itu saya pun lantas mencari info tentang Bagaimana Tips Agar Selalu Bugar Setiap Hari. Penasaran ?

Ok... langsung saja ya.. saya bagi infonya

1. Berolah raga
Kegiatan olahraga setiap hari membantu mempersiapkan tubuh untuk berbagai tantangan kegiatan setiap harinya. Caranya adalah mengawali hari dengan melakukan peregangan pada setiap anggota tubuh, dimulai dari kepala hingga kaki. Lewat cara ini, setiap bagian tubuh beserta otot akan mengalami cukup relaksasi setelah semalaman diam saat Anda tidur. Selesai dengan relaksasi, Anda bisa langsung memulai dengan aktifitas sehari-hari.

Tentunya peregangan di pagi hari saja tidak cukup sehingga saya menyarankan agar Anda juga melakukan dua jenis olahraga--kardiovaskular (kardio) dan pembentukan otot--dari hari Senin hingga Sabtu. Olaharga kardiovaskular--lari, joging, jalan cepat, bersepeda, kelas aerobik--menjaga denyut jantung tetap normal, 60 ketukan/menit. Dengan begitu Badan akan selalu Bugar Setiap Harinya

Efeknya, jantung memasok aliran darah yang relatif lebih banyak, yang berarti memasok banyak oksigen ke otak mengingat darah juga membawa oksigen. Karena otak mendapat banyak pasokan oksigen, Anda tidak cepat mengalami keletihan ketika bekerja. Selain itu, daya isap paru-paru juga membesar karena terbiasa mengisap oksigen lebih banyak lewat latihan kardio. Untuk latihan kardio, saya sarankan agar Anda menjadwalkan olahraga kardio 3 kali seminggu secara berselang-seling, misalnya, berlari pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Dia hari lain--Selasa, Kamis, Sabtu, Anda membentuk dan menjaga otot tubuh lewat latihan angkat beban atau bela diri.

Lewat cara ini, manakala intensitas kegiatan meningkat, tubuh tetap bisa menjaga irama kerja karena otot-otot tubuh sudah terbentuk mulai dari Senin sampai Sabtu. Hari Minggu sebaiknya dijadikan sebagai hari istirahat karena, sebaik apapun kondisi fisik Anda, otot tubuh akan mengalami kejenuhan apabila selalu bekerja terus menerus.


2. Makan makanan bergizi.
Makanan dengan kandungan gizi seimbang memberikan zat-zat yang berguna--karbohidrat, protein, kalori, vitamin, serat--bagi tubuh dalam kegiatan kerja harian Anda. Karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi setiap harinya. Di pagi hari Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit, contohnya, makan bubur ayam, sereal, nasi uduk, atau roti isi telur/daging. Sarapan ini cukup untuk memberikan gizi yang diperlukan tubuh untuk memulai kerja di pagi hari tanpa membuat perut kenyang ataupun mengantuk. Saat makan siang, menu makan bisa diisi dengan karbohidrat/protein, serat, dan vitamin, misalnya, nasi dengan ayam bakar dan sayur. Di malam hari, menu makan malam dapat dicukupkan dengan makan sayur saja atau daging tanpa nasi.

Bagaimanapun juga, di malam hari Anda tidak memerlukan banyak karbohidrat mengingat malam hari hanya dihabiskan untuk tidur saja. Hindari konsumsi makanan cepat saji dan bersantan karena kandungan lemak terurai yang tinggi. Batasi juga konsumsi makanan yang digoreng dan perbanyak makanan yang disajikan dengan cara direbus atau dibakar. Jika Anda bisa memasak, usahakan untuk tidak memasak makanan Anda tidak terlalu lama agar tidak kehilangan banyak kandungan gizinya. Sebagai tambahan, jaga agar takaran makanan pas dengan yang Anda butuhkan. Terlalu banyak karbohidrat dan lemak malah membuat Anda mudah mengantuk.

Dan jangan lupa untuk menjaga kandungan cairan dalam tubuh dengan sering minum air, bukan minuma bersoda ataupun minuman beralkohol. Oh ya, ada satu jenis makanan yang harus dikonsumsi setiap hari, buah. Apapun jenisnya, buah memiliki kandungan vitamin C yang banyak untuk menjaga kebugaran tubuh. Makanlah buah apapun kesukaan Anda dalam bentuk asli atau dijus.

3. Konsumsi makanan suplemen.
Untuk mencukupkan asupan gizi bagi tubuh, makanan suplemen bisa pula di konsumsi dalam jumlah yang cukup sejauh yang diperlukan tubuh. Sebelum Anda membeli suplemen, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter pribadi atau ahli gizi agar tidak timbul dampak negatif di kemudian hari. Suplemen yang terlalu berlebih dapat menimbulkan dampak buruk, toh semua yang berlebih selalu membawa dampak negatif. Saya pribadi menggunakan suplemen vitamin C dalam bentuk pil, dosisnya 300 mg.

Satu pil cukup untuk menopang diri saya dalam kegiatan sehari-hari. Kala saya sedang merasa tidak bugar, saya menambah konsumsi menjadi 2 pil/hari. Walau suplemen baik untuk menambah gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh, sebaiknya Anda memakainya dalam takaran tertera pada label atau resep dokter. Konsumsi suplemen yang terlalu banyak akan menimbulkan efek ketergantungan dan menumpuk racun kimia yang terlalu banyak pada tubuh. Jadi, jangan sampai Anda sakit hanya karena mengkonsumsi suplemen makanan atau vitamin terlalu banyak.

4. Hidup teratur dan proporsional.
Bekerja secara seimbang dan tidak diporsir akan memberikan jam kerja yang cukup bagi tubuh. Jika jadwal kerja Anda dimulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore, bekerjalah sesuai jadwal tersebut. Terlalu sering kerja lembur di malam hari hingga pagi hari akan mengacaukan ritme hidup tubuh. Seandainya kerja dari jam 7-5 sama dengan 10 jam sehari, maka Anda memiliki 14 jam yang dapat dipakai untuk olahraga, 2 jam, dan beristirahat, 12 jam. Akan tetapi, bila Anda memiliki jam kerja yang tidak tetap; Senin kerja 10 jam, Selasa 15 jam, Rabu 20 jam;tubuh mudah rentan sakit karena ia tidak pernah memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Saat pola kerja tersebut dilanjutkan hingga Sabtu, Anda pasti ambruk di hari Minggu. Kalau sudah begitu, Anda terpaksa harus masuk rumah sakit atau beli obat dari dokter dan menjalani wajib istirahat agar dapat sembuh dari sakit. Ini berarti Anda kehilangan banyak jam untuk kerja dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri secara profesional. Saya dapat bicara seperti ini karena saya sudah pernah mengalaminya. Dalam hal tidur, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur malam sebanyak 8 jam sehari, paling minim 6 jam. Waktu tersebut sudah cukup guna memberikan kesempatan pada sel-sel tubuh, otot badan, jantung, dan otak untuk menstabilkan dan memulihkan diri.

Hidup seimbang juga mensyaratkan Anda untuk tidak bekerja terus terusan. Selesai dengan tugas di kantor atau ketika libur, ada baiknya Anda melakukan kegiatan ringan sebagai usaha relaksasi. Kegiatan ini bisa berupa membaca buku, menonton filem, belajar melukis, bernyanyi, menonton drama, dan banyak lainnya. Ada bagusnya pula bila Anda meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman di lingkungan Anda sebagai kesempatan pengembangan ketrampilan sosial. Kegiatan seperti ini membantu untuk mengalihkan pikiran dari tekanan di tempat kerja sehingga ketika saat istirahat akhir pekan usai pikiran Anda sudah kembali segar dan energi badan terisi kembali.

Nah, itulah resep tetap bugar sepanjang waktu yang saya terapkan pada diri sendiri selama ini. Saya menggunakan 6 hari dalam sepekan untuk berolahraga, kardio dan kekuatan. Saya berupaya untuk menghindari kerja yang diporsir dan sedapat mungkin tidur sebanyak 6-8 jam sehari. Pola makan juga saya jaga dan divariasikan untuk mencegak penumpukan zat-zat yang tidak perlu dalam tubuh. Memang, semua yang dijabarkan di atas bukan lagi hal baru karena sudah banyak yang mengemukannya. Sayangnya, banyak pula dari kita yang tidak menerapkannya dengan baik atas alasan tidak tahu dan tidak peduli. Kata kunci dari tulisan saya ini adalah keseimbangan hidup menuntun kita pada pola hidup yang baik dan berujung pada kebugaran tubuh dalam menghadapi beragam tuntutan hidup dan kerja. Bagaimana pendapat anda ?




 

Subscribe via email

Enter your email address:

Recomended Artikel:

© 2011 Lintas Zona Baca

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger