10 Hewan yang hampir punah

Hewan adalah adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta. Akibat tangan-tangan perusak, ke 10 Hewan yang hampir punah ini sungguh memprihatinkan. Padahal hewan-hewan ini sungguh unik dan fantastis. Betapa tidak ? hewan-hewan mampu menarik perhatian kita. Apa sajakah hewan-hewan yang akan punah itu ? Penasaran?










1. Coelacanth


Coelacanth adalah termasuk ikan yang paling tertua didunia. Diduga sudah punah 65 juta tahun yang lalu. Bentuknya unik memiliki gigi duri yang berongga. Tetapi, menurut wikipedia spesies Coelacanth telah di temukan di di Komoro, perairan pulau Manado Tua di Sulawesi, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar dan taman laut St. Lucia di Afrika Selatan. Di Indonesia, khususnya di sekitar Manado, Sulawesi Utara, spesies ini oleh masyarakat lokal dinamai ikan raja laut. Unik juga ya namanya :)

2. Chacoan Peccary


Chacoan adalah yang spesies Marmut terbesar (berdasarkan ukuran) , seekor binatang yang menyerupai babi tetapi berasal dari benua yang berbeda dan tidak dapat dijinakkan. Chacoan peccary yang pertama kali dijelaskan pada tahun 1930 hanya didasarkan pada catatan fosil, dan dipercaya telah punah. Kemudian pada tahun 1975, para peneliti terkejut menemukan satu hidup di wilayah Chaco Paraguay. Sekarang ini ada sekitar 3.000 individu.

3. La Palma giant lizard


La Palma giant lizard adalah seekor kadal yang baru-baru ini keadaannya sudah hampir tidak ada sama sekali. Kadal ini pertama kali ditemukan di daerah La Palma Kepulauan Canary. Kadal ini pernah di temukan dan ketika ditemukan kadal ini masih berumur 4 tahun dan hanya memiliki satu kaki panjang. Ekspedisi-ekspedisi untuk menemukan kadal ini masih di lakukan guna mempertahankan populasinya.

4. The Takahe


The Takahe termasuk kedalam spesies ayam. Takahe adalah burung pribumi yang berada di Selandia Baru, burung ini dinyatakan punah setelah diketahui spesimen terakhir yang diambil pada 1898. Namun, para ilmuwan melakukan ekspedisi burung ini dengan sangat hati-hati dan teliti, burung ini ditemukan kembali tahun 1948 di dekat Danau Anau. Burung ini sangat langka sekali hingga saat ini populasinya mencapai hanya 225 individu yang tersisa.

5. New Caledonian crested gecko


Hewan ini termasuk jenis kadal. Hewan unik yang satu ini hanya memiliki populasi yang sangat sedikit sampai-sampai hewan ini direhabilitasi di perlindungan CITES dan statusnya terancam punah. Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1866. Lalu ditemukan kembali tahun 1994.
10 Hewan yang hampir punah.

7. Large-billed reed-warbler


Spesies burung yang satu ini paling tidak dikenali. Karena, hanya diketahui ada satu spesies yang dikumpulkan pada tahun 1867. Kemudian ditemukan lagi di Thailand pada tahun 2006, populasi-populasi yang ditemukan dari burung cantik ini telah dicocokan melalui DNA dibedakan berdasarkan yang aslinya. Hingga saat ini keberadaan burung ini masih menjadi misteri.

8. New Holland mouse


Tikus Belanda ini termasuk jenis tikus yang baru dan hampir punah. Tikus ini sempat lenyap dari pandangan setelah satu abad lamanya hingga ditemukan, lalu dimasukan kedalam penangkaran di Ku-ring-gai Chase Taman Nasional utara Sydney pada tahun 1967. Mahkluk lucu ini harus berjuang ditengah-tengah polusi udara akibat pemansan global yang mengakibatkan terbakarnya hutan di daerah tempat tinggalnya seperti hutan di Australia tahun 1983.

9. Monito del Monte


Monito del Monte adalah hewan yang luar biasa lucunya. Hewan ini memiliki kantung di perutnya seperti doraemon :P. diyakini telah punah selama 11 juta tahun hingga satu ditemukan di rumpun bambu Chili di selatan Andes. Makhluk yang lebih erat kaitannya dengan marsupial Australia daripada Amerika Selatan yang lain, dan kemungkinan berkaitan dengan marsupial Australia yang dikenal paling awal yang hidup 55juta tahun yang lalu.

10. Lord Howe Island stick insect


Kadang-kadang disebut "udang tanah" atau "sosis berjalanan" Hehe... lucu juga ya namanya ? Hewan ini dianggap sebagai hewan yang paling langka di dunia, khususnya di dunia serangga. Punah sejak 1930 setelah menghapus satu-satunya yang diketahui habitat asli di Pulau Lord Howe, serangga yang besar ditemukan kembali pada 2001 ketika kurang dari 30 individu yang ditemukan hidup di bawah semak-semak di satu pulau kecil dari Bola Piramid, daerah tertinggi dan paling terpencil laut stack.

Itulah 10 Hewan yang hampir punah. Kita doakan saja supaya hewan-hewan unik diatas masih bisa di perbanyak populasinya dan kita bisa menikmati lagi keunikan dan keindahan dari hewan diatas tersebut. Bagaimana pendapat anda ?




 

Subscribe via email

Enter your email address:

Recomended Artikel:

© 2011 Lintas Zona Baca

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger